Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest News

Total Pageviews

Text Widget

Ad unit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Postingan Populer

Tips Memilih Power Bank Yang Baik

10.28.00
Tips Memilih Power Bank Yang Baik-Cara memilih Power Bank. Power bank seolah telah menjadi barang wajib bagi para pengguna gadget mobile. Perangkat tambahan ini sendiri juga memiliki banyak sekali variasinya, mulai dari kapasitas hingga fungsi yang dimiliki.
 

Tips Memilih Power Bank Baik dan Kapasitas Power Bank Yang Baik
Tips Memilih Power Bank Yang Baik
Berbagai macam merk power bank kini hadir pasaran. Dari berbagai produk power bank tersebut membuat konsumen bingung cara memilih power bank bagus yang cocok untuk digunakan untuk HP atau smarphone kesanyangannya.

Sebelum membeli power bank simak tips berikut ini cara memilih power bank yang baik:
1. Kapasitas Power Bank yang baik

Power bank tersedia dari kapasitas kecil seperti 2000 mAh sampai kapasitas besar 25.000 mAh. Semakin besar kapasitas mAh, semakin besar ukurannya. Kapasitas yang baik tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.
  
3. Fitur Power Bank
Ada beberapa power bank yang menawarkan fitur auto-charge atau auto stop charge supaya penggunanya tidak perlu khawatir akan terjadinya overcharge.

Jadi alangkah lebih baik kalian membeli powerbank dengan fitur-fitur antara lain :

Overcharging Protection
Anda sering nge-charge smartphone di malam hari dan ditinggal tidur? Jika baterai sudah penuh, namun ditinggal terlalu lama dan masih terhubung charge, maka bisa berbahaya karena dapat merusak baterai dan membuat baterai hamil. Dengan adanya fitur Overcharging Protection maka Smartphone android anda lebih terlindungi karena jika baterai sudah terisi full maka arus akan otomatis dimatikan powerbank.
Temperature Protection
Apakah kalian pernah ngecharge lewat powerbank tapi kok body hp jadi anget/panas? Wadew pasti powerbank anda tidak punya fitur "Temperature Protection" ya? Fitur Temperature Protection ini berguna untuk meminimalisir timbulnya panas pada saat smartphone android kita dicharge.

Short Circuit Protection
Nah kalo fitur Short Circuit Protection uang ada di powerbank ini berguna untuk melindungi smartphone Anda jika terjadi arus pendek.

4. Fisik Power Bank
Variasi bentuk dan desain dari power bank ini sendiri beraneka jenis. Secara desain dan bentuk, hal ini mungkin menjadi preferensi masing-masing pengguna, apakah menginginkan bentuk yang lebih tipis atau tidak masalah dengan bentuk yang memakan tempat. 

Sebelum membeli, pastikan kalau power bank tersebut memang kokoh dan tidak ringkih (sel baterai terpasang dengan rapi dan kokoh) supaya lebih yakin bahwa power bank tersebut memang memiliki ketahanan yang baik secara fisik.



5. Cells
Biasanya power bank yang baik mencantumkan baterai apa yang digunakan di dalamnya. Biasanya merek baterai di dalam yang digunakan merek-merek bagus dibuat pabrikan besar seperti Samsung, Sanyo dll.


6. Colokan / Konektor
Saat ini powerbank bawaan menawarkan berbagai macam pilihan konektor yang tersedia di pasaran. Konektor yang tidak pas justru akan merusak smartphone. Sebaiknya gunakan saja konektor bawaan smartphone anda ketimbang konektor bawaan dari powerbank. 


7. Safety Protection
Safaty protection juga sangat penting demi keamanan pengguna. Apabila powerbank mempunyai safety protection yang bagus maka powerbank tersebut tidak akan menimbulkan masalah apa-apa misal sebuah ledakan namun apabila safety protectionnya jelek maka powerbank tersebut akan ada sebuah masalah misalnya ledakan kecil.

8. Garansi
Ketika hendak membeli sebuah power bank, harus dipastikan apakah power bank tersebut memiliki layanan purna jual dan garansi.. Umumnya power bank memiliki layanan purna jual dan garansi tergantung dari kebijakan toko atau vendor resminya. 
Powerbank yang baik, biasanya berani memberikan garansi, minimal 6 bulan. Ada yang memberikan garansi 1 tahun. Tanyakan kepastian kalau klaim garansi harus ke mana.

9. Cermati Harga Power Bank
Banyak orang membeli powerbank yang salah. Kalau di pasaran misalkan harga powerbank dengan kapasitas 10.400 mAh rata-rata Rp 400 ribu, ketika ada powerbank dengan kapasitas yang sama tetapi berharga hanya setengahnya, waspadalah mungkin kapasitasnya tidak benar, mungkin juga sistem keamanannya tidak terjamin. Bertanya kepada teman yang sudah pengalaman menggunakan power bank agar anda tidak tertipu.
10. Sebisa mungkin belilah powerbank dengan merek yang Anda sudah kenal punya reputasi baik di bidang baterai atau peralatan listrik/elektronik.  Belilah powerbank di tempat yang memang authorized dari merek tersebut. Atau setidaknya mendapat jaminan dari penjualnya. Kebanyakan penjual tahu kualitas barang yang mereka jual.
  
Teliti sebelum membeli adalah langkah bijak yang harus selalu anda lakukan. Semoga tips memilih power bank ini bisa bermanfaat dalam menentukan power bank yang akan anda gunakan.

*)Dari berbagai sumber